Padang Arafah Replika Padang Mahsyar

Padang tandus yang sangat luas penuh bebatuan, terik matahari menyengat hingga temperatur diatas 40 derajat celsius, air sangat terbatas, sejauh mata memandang deretan pegunungan batu membentang sampai setengah lingkaran wilayah, itulah Padang Arafah yang merupakan replika Padang Mahsyar dihari kebangkitan kelak. Tempat inilah yang digunakan ibadah wukuf jamaah Haji pada tanggal 9 Zulhijah.

Namun itu cerita 15 tahun yang lalu, pemerintah Arab Saudi telah berupaya agar dapat melayani jamaah Haji dengan lebih baik. Jangan khawatir bagi jamaah Haji, pada musim Haji ribuan tenda didirikan untuk berlindung saat  wukuf atau berhenti para jamaah Haji, bahkan untuk ONH Plus tenda-tenda itu dilengkapi dengan alat pendingin udara. Bagi yang ingin diluar tenda saat ini sudah banyak tumbuh tanaman perindang. Bahkan pada saat hari wukuf akan dibuat hujan buatan, bintik-bintik air disemprotkan melalui pipa-pipa yang menjulang ke udara, tujuannya untuk menaikkan tingkat kelembaban udara sehingga dapat mengurangi panas sengatan matahari.

Arafah adalah tempat penting bagi jamaah haji, disinilah tempat ibadah wukuf, tempat paling ijabah untuk berdoa ketika musim haji. Tempat yang juga disebut Masy’aril Haram ini merupakan tempat bertemunya Nabi Adam a.s dengan Siti Hawa setelah keduanya berpisah selama 200 tahun sejak turunnya dari surga.  Keduanya bertemu disebuah bukit yang kemudian diberi nama bukit Rahmah yang artinya kasih sayang. Di bukit itu pula didirikan sebuh tugu, maka bukit itu dikenal dengan jabal rahmah.

Jika kita berada di Arafah, sejauh mata memandang setengah wilayah itu dibatasi oleh deretan pegunungan,  di ujung utara terdapat Jabal Rahmah, dan di ujung sebelah barat terdapat sebuah bukit bebatuan, di tempat inilah yang sering digunakan Rasulallah untuk berkhutbah. Pada hari-hari biasa disaat sore atau pagi wilayah ini sangat indah, oleh karena itu selalu menjadi tempat tujuan wisata. Tak jauh dari jabal rahmah banyak jasa naik onta bagi wisatawan yang ingin menaiki binatang gurun ini.

Jarak Arafah dari kota Makkah sekitar 25 km arah tenggara Makkah, pada hari biasa ditempuh dalam waktu kurang dari setengah jam, namun di musim haji perjalanan Makkah ke Arafah bisa berjam-jam karena padatnya lalu lintas oleh kendaraan dan pejalan kaki.  (Slamet Riyanto)

Posted by Inti Pustaka on 11:06 PM. Filed under , , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0

0 comments for Padang Arafah Replika Padang Mahsyar

Leave comment

Recent Entries

Recent Comments

Photo Gallery