Maqam Ibrahim Tempat Mustajab Untuk Berdoa

Tidak jauh dari bangunan Kakbah terdapat sebuah bangunan kecil yang didalamnya ada semacam batu. Itulah yang disebut sebagai Maqam Ibrahim. Bangunan yang terletak di halaman Kakbah itu sangat mudah ditemukan para jamaah karena hanya berjarak beberapa meter dari pintu Kakbah.

Maqam yang berarti tempat pijakan. Ketika Nabi Ibrahim membangun Kakbah, beliau menggunakan batu sebagai pijakan. Jadi maqam Ibrahim adalah batu yang dipergunakan Nabi Ibrahim AS untuk berpijak ketika membangun Kakbah. Pada batu tersebut terdapat bekas (cap) telapak kaki Nabi Ibrahim AS.

Ada satu riwayat yang menjelaskan bahwa batu ini turun dari surga seperti halnya Hajar Aswad. Konon batu pijakan ini layaknya seperti tangga berjalan yang bisa naik dan turun membawa Nabi Ibrahim AS ketika membangun Kakbah. Ketika tembok Ka’bah ditinggikan, batu pijakan tersebut juga ikut naik layaknya seperti tangga.

Bagi jamaah yang sedang di Masjidil Haram disunahkan shalat dua rakaat dibelakang Maqam Ibrahim setelah menyelesaikan thawaf. Tempat ini juga merupakan salah satu tempat mustajabah untuk berdoa. (Slamet Riyanto)

Posted by Inti Pustaka on 10:54 PM. Filed under , , , , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0

0 comments for Maqam Ibrahim Tempat Mustajab Untuk Berdoa

Leave comment

Recent Entries

Recent Comments

Photo Gallery