Hijir Ismail Tempat Ijabah Di Masjidil Haram

Kakbah berbentuk bangunan segi empat, pada salah satu bagian luar sisinya yaitu bagian utara terdapat bangunan setengah lingkaran, itulah yang disebut dengan Hijir ismail.

Jadi Hijir Islamil adalah merupakan sebuah tempat yang berada disalah satu sisi bangunan kakbah berbentuk setengah lingkaran, yang dibatasi dengan pagar marmer setinggi 1,5 m pada sisi setengah lingkarannya.

Dalam sejarahnya tempat ini pernah digunakan oleh Nabi Ibrahim untuk membuat sebuah tempat berteduh yang terbuat dari pohon arok, fungsinya untuk berteduh Siti Hajar dan putranya yang bernama Ismail.

Di area setengah lingkarang dengan diameter 8,46 meter itu para jamaah berebut untuk menunaikan sholat sunah dua rakaat, karena dipercaya sholat di area hijir Ismail sama dengan sholat di dalam Baitullah.

Sesuai sabda Rasulullah SAW, sebagian dari Hijir Ismail itu adalah termasuk dalam Ka'bah. Diriwayatkan oleh Abu Daud dari 'Aisyah r.a. dari 'Aisyah r.a. katanya; "Aku sangat ingin memasuki Ka'bah untuk melakukan sholat di dalamnya. Rasulullah s.a.w. membawa Siti 'Aisyah ke dalam Hijir Ismail sambil berkata " Sholatlah kamu di sini jika kamu ingin sholat di dalam Ka'bah, karena ini termasuk sebagian dari Ka'bah.

Perlu diketahui oleh para jamaah, bahwa sholat di Hijir Ismail adalah sunnah, ibadah ini tidak ada kaitannya dengan rangkaian kegiatan ibadah Haji atau Umroh. (Slamet Riyanto)

Posted by Inti Pustaka on 10:36 PM. Filed under , , , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0

0 comments for Hijir Ismail Tempat Ijabah Di Masjidil Haram

Leave comment

Recent Entries

Recent Comments

Photo Gallery