Pasar Kurma Terbesar di Arab Saudi

Jika kita pergi ke tanah suci untuk menunaikan ibadah haji atau umroh, tak lengkap jika pulang ke tanah air tidak membawa buah kurma. Kurma memang identik dengan oleh-oleh ibadah haji atau umroh. Tahukah Anda jika kurma yang paling terkenal adalah kurma Madinah. Daging kurma madinah lebih kenyal dan kering, bentuknya lebih besar, dan rasanya lebih manis.

Buah berwarna coklat kehitaman sebesar ibu jari orang dewasa ini dipastikan selalu menjadi jinjingan setiap jamaah haji dari segala penjuru dunia yang bertandang ke Tanah Suci. Tidak sulit untuk mendapatkan kurma Madinah. Jika Anda sedang berada di Madinah kunjungi Pasar Kurma (Madinah Dates Market ). Lokasinya di kawasan Qurban, tak jauh dari Masjid Nabawi, tepatnya arah selatan sekitar satu kilometer dari Masjid Nabawi

Lokasi ini dibangun pada tahun 1982 oleh Pemerintah Arab Saudi, buka sepanjang hari mulai pk 08.00 sampai 22.00 waktu Madinah. Berbagai macam kurma tersedia disini termasuk kurma Madinah. Bahkan kurma olahan pun dengan mudah didapat seperti sari kurma, cokelat isi kurma dan sebagainya.

Jamaah dari Indonesia tak perlu kuatir dalam bertransaksi di pasar ini, hampir semua pedagang sudah fasih dengan bahasa Indonesia tentu saja kosa katanya terbatas untuk pembicaraan berdagang saja. Ada tiga jenis kurma Madinah yang terkenal yaitu kurma Ajwa, Ambhar, dan Safawi. Diantara kurma-kurma itu  kurma ajwa  yang paling baik. Kurma ini berkulit agak keriput tentu saja rasanya lebih manis dan enak dibanding kurma yang lain.

Untuk bisa membawa kurma-kurma ini dibawa ke tanah air, Anda harus merogoh kantong lebih dalam. Untuk kurma ajwa kisaran harga dari 60 sampai 80 riyal untuk satu kilonya, sedangkan untuk kurma ambhar atau safari berkisar antara 35 sampai 40 riyal untuk satu kilonya.

Satu lagi yang mencirikan kurma-kurma dengan harga selangit ini adalah jangan harap Anda boleh mencicipi kurma ini kecuali sudah pasti membeli. Para pedagang bilang "haram" jika Anda mencoba mencicipi kurma yang selalu diburu pembeli dari berbagai negara ini.

Sebenarnya bukan rasa atau bentuk yang menjadikan Kurma Ajwa diburu para pembeli, namun karena ada sebuah hadis Rasulullah SAW yang berbunyi: ”Barang siapa di waktu pagi makan tujuh butir Kurma Ajwa, pada hari itu ia tidak akan kena racun maupun sihir.” Hadis Shahih Bukhari

Satu hal lagi, jika Anda membeli kurma belilah di Madinah jangan di Makkah, karena harga kurma di Madinah jauh lebih murah dibanding di kota lain termasuk Makkah. (Slamet Riyanto)

Posted by Inti Pustaka on 11:48 PM. Filed under , , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0

0 comments for Pasar Kurma Terbesar di Arab Saudi

Leave comment

Recent Entries

Recent Comments

Photo Gallery